PONSEL ANDROID MURAH DITENGARAI KIRIMKAN DATA PRIBADI PENGGUNA KE SERVER DI TIONGKOK

Sering heran mengapa produk smartphone asal Tiongkok bisa begitu murah padahal spesifikasinya terbilang tinggi? Laporan terbaru dari Kryptowire mengungkapkan bahwa ada software khusus yang diinstall para sejumlah produk smartphone tertentu untuk memantau pengguna, juga mengirimkan hasil pencarian kata kunci dan seluruh SMS yang masuk maupun dikirimkan pada sebuah server di Tiongkok tiap 72 jam.

Software yang juga rutin melacak data lokasi serta catatan panggilan telepon pengguna tersebut dikembangkan oleh Shanghai Adups Technology Company, dan sejauh ini masih belum jelas apa tujuan disertakannya software tersebut ke dalam ponsel. Menaggapi temuan tersebut, Tom Karygiannis selaku VP Kryptowire mengatakan kalau software tadi ‘bukanlah sebuah celah, tapi sebuah fitur.’

Pihak Adups mengklaim bahwa software mereka telah dijalankan pada lebih dari 700 juta unit smartphone (*mayoritas merupakan produk kelas low-end), dan telah menjalin kerjasama dengan perusahaan terkemuka seperti Huawei & ZTE. Sayangnya masih belum jelas seberapa luas penyebaran software pelacak aktifitas pengguna ini, walaupun salah satu brand asal AS yaitu BLU Products mengakui kalau 120 ribu unit produk mereka telah disusupi software tersebut.

Dalam pernyataan resmi mereka, BLU Products mengatakan bahwa mereka telah mengetahui keberadaan software yang meresahkan tersebut, dan langsung menghapusnya dari seluruh produk mereka. Di lain pihak, Google selaku pemilik Android OS mengatakan kalau pihaknya baru tahu tentang masalah ini setelah mendapatkan laporan dari Kryptowire.

Sumber: gopego.com

Tinggalkan komentar